Pages

Menampilkan File PDF di Website Melalui Google Docs

Menampilkan File PDF di Website Melalui Google Docs

Menampilkan Dokumen di Web
Menampilkan Dokumen di Web
Sebuah file merupakan suatu bagian dari berbagai bentuk informasi yang dapat disampaikan secara online baik melalui website, email dan media lainnya. Keberadaan file bisa sangat dibutuhkan terutama jika informasi yang ingin disampaikan cukup panjang dan kompleks. Beberapa waktu yang lalu memang sulit rasanya apabila kita ingin melakukan sharing file atau membagi informasi yang ada pada sebuah file ke dalam website yang kita miliki. Namun setelah beberapa pengembang meluncurkan layanan untuk sharing file online maka hal tersebut bukanlah menjadi suatu penghalang bagi para web surfer untuk melakukan sharing file.
Salah satu dari sekian banyak pengembang yang memberikan layanan sharing file online adalah Google Docs.
Ada beberapa opsi penggunaan yang ditawarkan oleh Google Docs, yaitu :
  1. Melalui pembuatan kode sharing file melalui Google Docs Viewer untuk file yang sudah diupload pada web dan memiliki URL. (Misalnya dokumen sudah diupload pada hosting pribadi).
  2. Dengan melakukan upload file kedalam server Google Docs kemudian di sharing (Irit space dan bandwith hosting untuk sharing dokumen).
Pada kesempatan ini kita hanya akan membahas untuk cara kedua melalui Google Docs, untuk cara pertama melalui Google Docs Viewer sudah pernah dibahas sebelumnya.
Melalui Google Docs, Google menyediakan ruang gratis bagi member google, yaitu setiap orang yang memiliki akun google baik untuk email atau lainnya, untuk menyimpan dokumen/file dan membaginya serta melakukan sharing kepada orang-orang melalui internet. Walaupun bisa melakukan sharing secara bebas, Google Docs tidak mengabaikan keamanan untuk data yang memang bersifat privacy/pribadi.
Ada 4 hak akses yang disediakan oleh Google Docs, antara lain :
  1. Umum (Semua pengguna internet dapat melihat, dokumen akan muncul pada kolom hasil pencarian melalui search engine)
  2. Umum dengan link (Hanya dapat dilihat oleh orang yang memiliki link URL)
  3. Private dengan orang-orang pilihan (Hanya pemilik dan orang-orang yang ditunjuk. Orang yang dipilih harus melakukan login dengan password untuk dapat melihat isi dokumen)
  4. Private (Hanya pemilik yang dapat melihat isi dokumen)
Sebelum melakukan sharing file, teman-teman bisa mendaftar dulu dan masuk ke dalam Google Docs, kemudian upload dokumen yang ingin di-share. Setelah selesai proses upload, dokumen akan muncul dalam list pada Google Docs, arahkan kursor pada nama file, di sebelah kanan baris file akan muncul link “Actions”, kemudian pilih “Share” >> “Sharing Settings”. Untuk di bagian permission biarkan saja menjadi “Public on the web” (karena tujuannya memang untuk sharing dokumen). Copy link yang diberikan pada notepad atau Ms. Word.
Memangnya tidak bisa langsung dicopy ke dalam postingan website ya?
Nah, untuk yang satu ini memang caranya harus sedikit “tricky” karena kita akan menggunakan tag iframe untuk bisa menampilkannya di website, bukan hanya sekedar link saja. Sebagai contoh dari link yang dicopy tadi kita akan mendapatkan kode seperti ini :
https://docs.google.com/viewer?a=v&pid=explorer&chrome=true&srcid=0B0wFIYj4B2J3OGM4YTlkMWUtNGQ2My00NGM0LWE3NjctYjM3Y2I0YjQ5NTky&hl=en
Dari kode tersebut kita bisa mendapatkan kode source ID file kita yang ada di Google Docs, yaitu yang ada pada bagian “srcid=” dan isinya adalah “0B0wFIYj4B2J3OGM4YTlkMWUtNGQ2My00NGM0LWE3NjctYjM3Y2I0YjQ5NTky” (kode file milik teman-teman pasti berbeda, ini hanya contoh) kode yang diambil dari setelah tanda “=” sampai sebelum tanda “&”. Kemudian silahkan copy kode tersebut menjadi seperti bentuk di bawah ini.
<p style=”text-align:center”><iframe src=”https://docs.google.com/viewer?a=v&pid=explorer&srcid=0B0wFIYj4B2J3OGM4YTlkMWUtNGQ2My00NGM0LWE3NjctYjM3Y2I0YjQ5NTky&hl=en&embedded=true” width=”750″ height=”1225″ style=”border: none;”></iframe></p>
Setelah selesai teman-teman bisa langsung menggunakan kode iframe tadi dan menempelkannya kedalam POST atau PAGE milik teman-teman, tapi jangan lupa ya menempelkan kodenya di bagian edit HTML pada POST/PAGE. Cukup mudah kan? Selamat bereksperimen ya